Evaluasi Penggunaan Moodle Quiz di Pendidikan Tinggi Indonesia Terhadap Kepuasan Siswa

Penulis

  • Aditya Permadi Universitas Mandiri

Abstrak

Alat penilaian online merupakan sarana pembelajaran yang dapat memudahkan dosen dalam melakukan penilaian formatif dan sumatif. Kuis Moodle menawarkan potensi penggunaan penilaian online. Selain kelebihan penggunaan alat penilaian media, kelemahannya adalah risiko kesalahan teknis, kemampuan mengadopsi teknologi bagi guru dan siswa, kendala infrastruktur. Proses penilaian online menjadi efektif ketika siswa memiliki sikap percaya diri dan pengalaman menggunakan e-learning dan komputer. LMS Moodle yang didistribusikan secara terbuka telah digunakan di banyak institusi pendidikan tinggi. Salah satu fitur yang digunakan untuk penilaian online adalah fitur Moodle Quiz. Pada umumnya dosen tidak melakukan evaluasi penggunaan Moodle Quizes, hanya fokus pada penilaian substansi pembelajaran. Evaluasi kuis Moodle pada penelitian ini dilakukan terhadap kepuasan siswa dan teknis sistem. Area siswa mengukur pengaruh pengalaman e-learning dan kecemasan komputer terhadap kepuasan siswa selama penilaian online. Pertanyaan penelitian pertama adalah apakah pengalaman belajar dan kecemasan komputer berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa dalam menggunakan penilaian online. Yang kedua adalah sejauh mana sistem kuis Moodle berguna. Pendekatan analisis deskriptif kuantitatif dengan validasi sem-pls dengan menyebarkan kuesioner kepada 117 mahasiswa perguruan tinggi negeri. Hasil penelitian ini terlihat bahwa kepercayaan diri siswa dalam menggunakan komputer tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa dalam penilaian online namun pengalaman e-learning berpengaruh terhadap kepuasan siswa. Sedangkan hasil pengukuran skala kegunaan sistem bernilai 67,20 yang menyatakan bahwa skala D sistem cukup dapat diterima oleh siswa yang menyatakan bahwa faktor teknis tidak menjadi kendala bagi siswa pada saat penilaian online. Kesimpulannya, peserta asesmen merupakan generasi digital savvy karena variabel Computer Anxiety tidak mempengaruhi kepuasan mahasiswa saat asesmen online. Pengalaman penggunaan media e-learning berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa, hal ini mengindikasikan siswa masih kurang berinteraksi dengan media penilaian online. Tinjauan ini akan memberikan panduan dan referensi yang berguna untuk pengembangan model penilaian online berbasis Moodle LMS di perguruan tinggi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29