Perancangan Bahasa Pemrograman Edukatif Sederhana "Menara Code" untuk Pembelajaran Pemrograman Dasar

Penulis

  • Muhammad Romadhona Kusuma MENARA Community (Komunitas Digital, Membangun Ekosistem Nasional, Aplikasi & Riset Anak Bangsa)

Kata Kunci:

Bahasa Pemrograman Edukatif, Pendidikan Komputer, Sintaks, Scaffolding, Teori Menara

Abstrak

Dalam era digital yang terus berkembang, kemampuan memahami pemrograman dasar menjadi keterampilan penting bagi berbagai kalangan, terutama pemula. Artikel ini mengusulkan perancangan Menara Code, sebuah bahasa pemrograman edukatif sederhana yang dirancang untuk memperkenalkan konsep-konsep dasar pemrograman secara lebih mudah dan interaktif. Menara Code menggunakan sintaks yang intuitif dan dapat dijalankan langsung melalui antarmuka berbasis web, sehingga meminimalkan hambatan teknis dalam proses pembelajaran. Bahasa ini dirancang dengan pendekatan bertahap yang menggabungkan teori automata, tata bahasa bebas konteks (context-free grammar/CFG), evaluasi ekspresi, serta teknologi pembelajaran mesin untuk memberikan umpan balik otomatis terhadap kesalahan logika dan penjelasan konsep. Selain itu, pengembangan Menara Code juga mengacu pada teori scaffolding untuk menyesuaikan beban kognitif secara progresif, serta memperkenalkan Teori Menara, sebuah pendekatan konseptual yang dikembangkan oleh penulis untuk menggambarkan pembelajaran sebagai proses bertingkat, dimulai dari pondasi konsep dasar hingga pemahaman lanjutan.Dengan kombinasi pendekatan tersebut, Menara Code diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif, adaptif, dan progresif bagi pemula dalam dunia pemrograman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-08