ANALISIS PERILAKU KOMSUMEN UNTUK STRATEGI MARKETING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA HERNA F AND B PABUARAN TANGERANG

Penulis

  • Hernawati Universitas Nusa Mandiri

Kata Kunci:

Data mining, Algoritma Apriori, Support, Confidence, Marketing

Abstrak

Marketing merupakan upaya untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan dengan beberapa aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan sampai strategi pengembangan produk dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. kafé merupakan tempat yang biasa dikunjungi oleh orang-orang saat mereka ingin menyantap suatu hidangan berupa makanan atau minuman dengan konsep tempat yang lebih elegan sedangkaan kedai mengusung konsep lebih merakyat. Strategi pemasaran secara digital yang dilakukan pelaku usaha kuliner secara nyata mengubah perilaku konsumen milenial dengan melakukan pembelian menggunakan layanan online food delivery dan juga offline.  Dalam menghadapi persaingan dalam pemasaran guna menghasilkan peningkatan pendapataan, pihak terkait mengambil keputusan untuk menentukan strategi pemasaran produk yang akan dijual. Data penjualan yang dimiliki sebenarnya dapat diolah menggunakan data mining untuk melihat perilaku konsumen dari pola pembelian. Asosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur yaitu support dan confidence. Hasil dari pengolahan data 30 transaksi melalui analisis perilaku konsumen terdapat 1 pola asosiasi yang memenuhi syarat adalah jika membeli JaSuKe maka akan membeli Oreo Milk Shake dengan confidence tertinggi= 28.58%. Untuk Pola yang didapat bisa digunakan untuk memberikan promosi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Hernawati, Universitas Nusa Mandiri

ABSTRAK

Marketing merupakan upaya untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan dengan beberapa aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan sampai strategi pengembangan produk dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. kafé merupakan tempat yang biasa dikunjungi oleh orang-orang saat mereka ingin menyantap suatu hidangan berupa makanan atau minuman dengan konsep tempat yang lebih elegan sedangkaan kedai mengusung konsep lebih merakyat. Strategi pemasaran secara digital yang dilakukan pelaku usaha kuliner secara nyata mengubah perilaku konsumen milenial dengan melakukan pembelian menggunakan layanan online food delivery dan juga offline.  Dalam menghadapi persaingan dalam pemasaran guna menghasilkan peningkatan pendapataan, pihak terkait mengambil keputusan untuk menentukan strategi pemasaran produk yang akan dijual. Data penjualan yang dimiliki sebenarnya dapat diolah menggunakan data mining untuk melihat perilaku konsumen dari pola pembelian. Asosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur yaitu support dan confidence. Hasil dari pengolahan data 30 transaksi melalui analisis perilaku konsumen terdapat 1 pola asosiasi yang memenuhi syarat adalah jika membeli JaSuKe maka akan membeli Oreo Milk Shake dengan confidence tertinggi= 28.58%. Untuk Pola yang didapat bisa digunakan untuk memberikan promosi.

Kata Kunci – Data mining, Algoritma  Apriori, Support, Confidence, Marketing.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-21