Penerapan Strategi PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Based LearningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam Mata Kuliah Manajemen Proyek Perangkat Lunak menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) pada Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Mandiri penelitian melibatkan Mahasiswa Teknik Informatika Semester 7 Angkatan 2020 berjumlah 32 Mahasiswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan menggunakan model kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan), tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini pada siklus I berkaitan dengan pengertian proyek dan ciri-ciri proyek, siklus II berkaitan dengan contoh proyek dan project stakeholders, sedangkan pada siklus III berkaitan dengan Life Cycle Proyek IT dan batasan proyek. Dapat disimpulkan hasil belajar meningkat menjadi 100 % atau sebanyak 32 mahasiswa yang memperoleh nilai KKM ≥ 70. strategi Problem Based Learning (PBL) pada siklus I pemantauan mahasiswa mencapai 50 %, pada siklus II untuk pemantauan mahasiswa 75 % dan pada siklus III pemantauan mahasiswa mencapai 100 % yang sebelumnya hanya mencapai 50%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam Mata Kuliah Manajemen Proyek Perangkat Lunak. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa strategi Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Proyek Perangkat Lunak