Pengaruh Volume Penjualan Terhadap Laba: Studi Kasus pada PT Prana Nayaka Tirta Cabang Dago Bandung Periode Januari 2018 – Desember 2019

Authors

  • Christiadi Senjaya Universitas Mandiri
  • Siti Titta Partini Universitas Mandiri
  • Waluya Waluya Universitas Mandiri
  • Mulyani Mulyani Universitas Mandiri
  • Susilo Susilo STIE Managemen Bisnis Indonesia

Keywords:

Sales Volume, Profit

Abstract

The aim of this research is to determine the effect of sales volume on profits at the company PT Prana Nayaka Tirta Dago Bandung Branch for the period January 2018 - December 2019. Profit is an important part for every company because the amount of profit earned can influence the company's financial condition. Sales are also an important thing for companies that affect profits, if sales increase then profits increase. But it is different from what happened at PT Prana Nayaka Tirta Dago Bandung Branch. The research method used is a quantitative method which is carried out by collecting data with the help of the SPSS application. The data used comes from the company's financial reports for 24 months/period. The research results show that sales volume significantly influences profits at PT Prana Nayaka Tirta Dago Bandung Branch for the period January 2018 – December 2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamiyah. 2013. Kamus Istilah Akuntansi. Bandung: Yrama Widya.

Farhana, Cintia Dewi. 2016. Pengaruh Perputaran Persediaan dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas. Jurnal Manajemen Hal.2.

Harrison Jr., Walter T., et al. 2012. Akuntansi Keuangan IFRS Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Horngren, Charles, T. 2012. Akuntansi Biaya. Jilid 1, Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2015. Standar Keuangan Akuntansi. Jakarta: IAI.

Rahardjo, Budi. 2012. Keuangan dan Akuntansi untuk Manajer Non Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rangkuti, Freddy. 2010. Measuring Costumer Satisfaction : Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2013. Strategi Promosi Yang Efektif & Analisis Kasus Intergrated Marketing Communication. Jakarta: Pustaka Utama.

Rustami, Putu. I Ketut Kirya & Wayan Cipta. 2014. Pengaruh Biaya produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2 . No. 1 :Hlm.9

Sasongko, Sonnya Nurman. 2014. Pengaruh Modal Kerja dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus pada Perusahaan Industri Logam yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2012). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom.

Soemarso, SR. 2012. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rineka Citra.Soemarso,SR. 2013. Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Subramanyam. K. R dan John J. Wild. 2014. Analisi Laporan Keuangan. Penerjemah Dewi Y. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumayah. 2011. Pengaruh Volume Penjualan dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih (Studi Kasus pada PT Metrodata Electronics Tbk). Jurnal Penelitian Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Swastha, Basu. 2012. Manajemen Penjualan. Edisi 3 cetakan 5. Yogyakarta: BPFE

Downloads

Published

2024-03-19

How to Cite

Senjaya, C., Partini, S. T., Waluya, W., Mulyani, M., & Susilo, S. (2024). Pengaruh Volume Penjualan Terhadap Laba: Studi Kasus pada PT Prana Nayaka Tirta Cabang Dago Bandung Periode Januari 2018 – Desember 2019. MANDIRI ECONOMICS JOURNAL, 1(1), 44–59. Retrieved from http://ejournal.universitasmandiri.ac.id/index.php/maconomics/article/view/72

Issue

Section

Artikel