PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Dhea Dara Agustin Universitas Mandiri Subang
  • Euis Anih Universitas Mandiri
  • Handri Wijaya Universitas Mandiri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. Selain itu dianalisis pula mengenai respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pagaden, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa, sedangkan instrumen non tes digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TPS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran TPS lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) respon positif terhadap penerapan model pembelajran TPS.

Referensi

Depdiknas. (2006). Kurikulum KTSP. Jakarta: Media Makmur Mandiri.

Firdaus, M., & Afrilianto, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs pada Materi Fungsi Kuadrat Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 485. [Online] Tersedia: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/4673

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Listiana, Y. (2022). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 153. [Online]. Tersedia: https://ojs.unimal.ac.id/index.php/jpmm/article/view/7291/0

Maulyda, M. A. (2019). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.

Nufus, N., Sridana, N., Junaidi, & Amrullah. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 21 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 35. [Online] Tersedia: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpmj/article/view/28899

Nugroho, A. D., & Hidayati, N. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus, Balok dan Limas Siswa SMP. Journal homepage, 376. [Online] Tersedia: https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2640

Permendiknas. (2006). Tentang Tujuan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zaditania, A. P., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Jurnal Educatio, 335. [Online] Tersedia: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1997/1387

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-01

Terbitan

Bagian

Articles