PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
Abstrak
Pemanfaatan teknologi modern pada masa kini memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dibandingkan dengan pembelajaran biasa, dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan model pendekatan kuantitatif jenis eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui teknik tes (pretest-posttest) dan non tes (angket), sumber data atau sampel dari penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X SMKN 1 Subang tahun ajaran 2023-2024 dengan sampel berjumlah 70 orang. Prosedur yang digunakan untuk mengolah data ini yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji t (independent sampel t-test), dan uji man whitney U. Hasil penelitian menunjukan bahwa model CPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Keseluruhan siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran menggunakan model CPS.
Referensi
Azizah, Z. N., & Santoso, B. (2023). Pengaruh Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4-6.
Handayani, S. L., & Amaliyah, L. R. (2022). Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Googlemeet: Pengaruhnya terhadap Kemampuan analisis siwa sekolah dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4942-4943.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Maemunah, S., Fuadah, Y. T., & Masdiana. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2-4.
Septian , A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran Dengan Model Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 183.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suyanto. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Pembelajaran Teknik Pemesinan Pada SMK Negeri 1 Batang Angkola. Journal of Education and Social Analysis, 122.