PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Nita Amelia Nita Universitas Mandiri
  • Ika Sriyanti Universitas Mandiri
  • Handri Wijaya Universitas Mandiri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif  Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada kelas eksperimen dan model pembelajaran biasa pada kelas kontrol serta untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif Tipe TGT. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen jenis desain nonequipalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Dawuan. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe TGT memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dapat dilihat juga dari hasil uji statistik yang menggunakan data N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komuikasi siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe TGT lebih baik daripada siwa yang menggunakan pembelajaran biasa, yaitu 0,56>0,26. Rata-rata respon siswa yaitu sebesar 3,6 yang ditunjukkan adalah positif karena siswa menunjukkan minat terhadap pembelajaran matematika dan menunjukkan minat terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Referensi

Abu, I. (2009). Pembelajaran Cooperative (Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Peserta Didik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Adnyana, N.P. dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (MPTGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Kecerdasan Emosional Siswa. e-Journal Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Ipa. Voleme.(4).

Anita Lie. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Ansari. (2009). Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Asba (2022). Pembelajaran Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatan Aktivitd Dan Hasil Belajar Di SD Negeri 3 Dadakitan Kabupaten Tolitoli. Jurnal Ideas Publishing

Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20. Tentang sistem pendidikan

Greenes, C. & Schulman, L. (1996). Communication Processes in Mathematical Explorations and Investigations. In P. C. Elliott and M. J. Kenney (Eds.).

Hafriani (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan Nctm Melalui Tugas Terstruktur Dengan Menggunakan Ict (Through Structured Tasks Using ICT). Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. 22, No.1

Harianja, J. K., Subakti, H., & Avicenna, A. (2022). Tipe-tipe model pembelajaran kooperatif. In Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=t3zPqTnRjX0C&dq=wrong+diet+pills&sou rce=gbs_navlinks_

Hasanah dan Himami, (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, Vol. 1, No.1

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar, hal.197-199

Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Rajawali Persada.

Lestari dan Yudhanegara, (2017). Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah sistem geometri berdasarkan latar belakang prestasi belajar mata kuliah geometri transformasi. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, Vol.03, No.02

Lubis, (2023). Penerapan Problem-Based Learning Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Medan T.A. 2022/2023. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 07, No.01

Marliani dan Nurhayati. (2020). Komunikasi Matematika Dilihat Dari Model Pembelajaran Reflektif Berbasis Matematika Realistik, Vol.1, No.01

Marinda, (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, Vol.17, No.1

Mawardi (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tahapan Polya. Jurnal of Mathematics Education and Application, Vol.2, No.4

National Council of Teacher s of Mathematics. (2000). Prinsiples and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

Nur, M. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur: Depdiknas Nusa Media.

Permendikbud. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. In Internatinal Science.

Putra (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, Vol.06, No.03

Shoimin, A. (2014). 6 8 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung

Slavin, R. E. (1994). Educational Psychology theory and Practice. Massachusetts: Paramount.

Son, (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal, Vol.10, No.01

Wartono, dkk. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Sains (buku 4). Jakarta: Proyek PSPP Depdiknas.

Yanuar, (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Kateketik dan Pastoral, Vol.08, No.01

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-01

Terbitan

Bagian

Articles