PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar khususnya pada pecahan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Untuk memperoleh data tersebut, pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan tes yang mengadopsi desain Pretest dan Posttest with Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flashcard terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini terlihat dari hasil analisis yang menunjukkan rata-rata nilai pretes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen 24,85 dan 26,03. Nilai pretest antara kedua kelas mempunyai kecenderungan yang sama, dengan selisih 1,18. Sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen 68,42 dan 94,32. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen meningkat lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan selisih 25,9. Perbedaan tersebut menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran yang diterapkan kepada siswa yang pada akhirnya mempengaruhi hasil belajarnya. Pada uji hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 2,272 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,048. Dengan demikian media flashcard efektif dalam meningkatkan keterampilan berhitung khususnya pada materi pecahan pada siswa.
Referensi
Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika trigo fun berbasis game edukasi menggunakan adobe animate pada materi trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434–443.
Azizah, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis muvizu di kelas 2 sekolah dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 180–192.
Baiduri, B., Taufik, M., & Elfiani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 248–261.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada operasi pada matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51–60.
Hidayat, R., Musdi, E., & Yerizon, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 22–31.
Istianah, I., Sudarmin, S., & Wardani, S. (2015). Pengembangan media flashcard berpendekatan pramek tema energi pada makhluk hidup untuk siswa smp. Unnes Science Education Journal, 4(1).
Karimah, N. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran garis bilangan terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 227–236.
Kurniawan, D. T. (2017). Penggunaan model pjbl untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam membuat media pembelajaran matematika. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 207–220.
Kurniawati, R. P., Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Cognitive Load Theory (CLT) pada materi volume kubus dan balok di sekolah dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 314–323.
Maulidah, R., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2021). Implementasi Media Flash Card: Studi Eksperimental untuk Keterampilan Berhitung Siswa. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 7-â.
Nugroho, F. P. (2023). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Efektivitas Belajar Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar. JPGSD, 11, 1090–1099.
Safitri, M., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “Kelas BANGTAR” Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil BelajarMatematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 989–1002.
Sattriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif terintegrasi soft skills dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 950–963.
Trisnanti, I. A. N. L., Tirtayani, L. A., Psi, M., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh media flashcard bilingual terhadap kemampuan kosakata bahasa inggris permulaan anak kelompok b tk gugus mawa kecamatan denpasar selatan tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(3), 344–352.