PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS
Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan
penalaran matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student
Team Achievement Division (STAD) lebih baik daripada siswa yang menggunakan
pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen semu
dengan jenis The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Subang, dengan sampel kelas VIII I
sebagai kelas eksperimen 33 siswa dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol 34 siswa.
Instrumen yang digunakan terdiri dari tes pretest-posttest dan skala Likert untuk
mengukur motivasi belajar siswa. Data dianalisis menggunakan software IBM SPSS
Statistics 26.0 For Windows. Hasil analisis dengan taraf signifikansi 5% menggunakan ujit menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang
memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD secara signifikan lebih baik dibandingkan
dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa nilai (sig. 2-tailed 0,002 < 0,05)
artinya H0 = ditolak H1 = diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa memberikan
pengaruh positif terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD, dengan demikian dapat
dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan
kemampuan penalaran matematis siswa.
Referensi
Anisensia, T., Bito, G. S., & Wali, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDI Blidit Kabupaten Sikka. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan,1(1),61-69. https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/
Astuti, E. P. (2017). Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2), 83-91. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/
Bagiani, P. C. (2020). Meningkatkan Kinerja Guru-Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) dan Supervisi Akademik. Journal of Education Action Research, 4(4), 501–507. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28647
Jamdin, A., Ratumanan, T., & Laamena, C. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Perbandingan Untuk Siswa Kelas VII SMP It Assalam Ambon. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(2), 83-92. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jumadika/article/view/
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika: panduan praktis menyusun skripsi, tesis, dan laporan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi disertasi dengan model pembelajaran dan kemampuan matematis. Bandung: Refika Aditama.
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/
Ruseffendi, E. T. (1994). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang NonEksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.
Suprihatin, T. R., Maya, R., & Sanjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1) 9-13. https://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/
Tukaryanto, P. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Prisma ( Prosiding Seminar Nasional Matematika. : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.