PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Ratih Sri Kurnia Universitas Mandiri
  • Ika Sriyanti Universitas Mandiri
  • Muhammad Taufik Mauliddin Universitas Mandiri

Kata Kunci:

Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT), Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuasi eksperimen semu dengan jenis penelitian The Nonequivalent Control Group Design dengan teknik proposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Subang dengan sampel kelas VIII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu instrumen tes berupa pretest-posttest. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis dengan bantuan Sofware IBM SPSS Statistics 23 for Windows. Dari hasil analisis yang dilakukan dengan taraf signifikansi 5% dengan uji dua rerata menggunakan uji-t, hasil yang didapat memiliki nilai sig 2-tailed 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh strategi pembelajaran REACT lebih baik secara signifikan dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran REACT dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Referensi

Crawford, M. (2001). Teaching Contextually: Research, Rationale, And Techniques For Improving Student Motivation And Achievement In Mathematic and Science. Waco: CORD.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003 : 20). Fahrudin, dkk. (2021). “Pembelajaran Konvensional Dan Kritis Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Hikmah, Journal Of Islamic Studies [Online], Vol 18 (1), 64-80. Tersedia : http://e- jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/101/77 [4 April

.

Dewi (2014).”Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik dan Sikap Positif terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan melalui Pendekatan Problem Posing”. Jurnal Saintech. 06, 93-105. [Online], Tersedia:http:// peningkatan+kemampuan+pemahaman+matematik+dan+sikap+positif+terhadap

+matematika+siswa+smp+nasrani+2+medan+melalui+pendekatan+problem+po sing.html [5 Juni 2017]

Fauziah, A. (2010). “Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp melalui Strategi REACT”. Forum Kependidikan. 30(1), 1-3.

[Online],Tersedia:http://www.forumkependidikan.unsri.ac.id/userfiles/ANA%20 FAUZIAH.pdf .[ 26 Mei 2017].

Gunantara, Gd. dkk. ( 2014). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). [Online], Tersedia: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php

Indarwati, D., dan Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan.

Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika.

Bandung : PT Refika Aditama

Manik, K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. [Online],Tersedia:http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny. ac.id.semnasmatematika/files/ber/PM-149.pdf.

Mawaddah. S dan Anisa H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. Jurnal FKIP Universitas Lambung Mangkurat. 3 (2).

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematcs. United States of America : The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.

Reys, R. E., Suydam, M. N, Lindquist, M. M., & Smith, N. L., & (1998). Helping Children Learn Mathematics (5thed). USA: Allyn and Bacon.

Silitonga, R. (2015). Penerapan Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representase Matematis Siswa SMP. Jakarta : Universitas Pendidikan Indonesia

Yuliati, L. (2008). Model-Model Pembelajaran Fisika Teori dan Praktek. Bandung: Universitas Negeri Malang.

Yuniawatika. 2011. “Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Sekolah Dasar”. Universitas Pendidikan Indonesia. Nomor 1, (hlm 105-119)

Diterbitkan

2024-02-01

Terbitan

Bagian

Articles