Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 9 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.11594/timeinphys.2024.v2i1p23-30Kata Kunci:
Pendekatan pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar FisikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik Kelas X SMAN 9 Makassar yang diajar melalui pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing. (2) Seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik Kelas X SMAN 9 Makassar yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional. (3) Perbedaan hasil belajar fisika pada peserta didik Kelas X SMAN 9 Makassar yang diajar dengan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan desain Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 9 Makassar. Berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing adalah sebesar 27.03 dan standar deviasinya 3.32 sedangkan skor rata-rata hasil belajar fisika yang diajar tanpa pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing adalah sebesar 25.62 dan standar deviasinya 3.28. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing dan yang diajar tanpa pendekatan pembelajaran Inkuiri terbimbing pada taraf nyata α = 0.05.
Referensi
Achsin, Amir. 1985. Beberapa Metode Belajar-Mengajar Mutakhir. Ujung Pandang: Penerbit IKIP Ujung Pandang.
Agung, M. T. 2009. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bandar Lampung.
Anderson, Lorin & krathwol. 2010. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing : A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives (edisi terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bass, Joel E., Contant & Carin. 2009. Methods for Teaching as Inquiry Tenth Edition. Boston: Pearson Education inc.
Hamalik, Oemar. 2001. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
........... 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Koes, Supriyono. 2003. Common Textbook Edisi Revisi Strategi Pembelajaran Fisika. Malang : Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang.
Kuhlthau, C Carol. 2006. Guided Inquiry Learning In The 1st Century. Westport, CT: Libraries Unlimited. https://doi.org/10.29173/slw6797
Lawson, Anton E., 2010. Teaching Inquiry Science in Middle and Secondary Schools. London: Sage Publications.
Liversidge, Tony., Cochrane, Kerfoot, Thomas. 2009. Teaching Science. London: Sage Publications. https://doi.org/10.4135/9781446269619
Sanjaya, wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 1995. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
........... 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Jakarta: Penerbit Alfabeta.
Supriyono. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wartono. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Malang : Universitas Negeri Malang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Syamsul Wahid
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with TIME in Physics (Journal for Theoretical, Instrumentation, Material-Molecular, and Education Physics) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.