Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran take and give dengan pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap model take and give. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pagaden dengan menggunakan Pendekatan kuantitatif. Metode ini menggunakan Quasi Experiment dan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagaden. Sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes dan non-tes. Tes berisi soal pemahaman konsep matematis, sedangkan non-tes berisi angket untuk mengukur sikap siswa pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan data N-gain menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran take and give lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu 0,34 > 0,20. Untuk analisis angket, minat terhadap matematika adalah 4,0 dan bersifat positif, minat terhadap model take and give adalah 3,4 dan bersifat positif, serta minat terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah 3,6 dan bersifat positif dengan rata-rata keseluruhan 3,37 dan bersifat positif. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan sikap positif terhadap model pembelajaran take and give.
Referensi
Depdiknas. (2004). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono, dkk. (2008). PAIKEM, Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Hernaeny, U., Marliani, N., & Marlina, L. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian, 1(1), 604-611.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ina.V.S. Mullis, dkk. (2016). Timss 2015 Internasional Result In Mathematics, Chessnut Hill: TIMSS & PIRLS Internasional Study center, hlm. 13.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014, Jakarta. hlm.325—327
Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
Mas’ud Zein & Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Daulat Riau.
Murizal, A., Yarman, Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP, 1 (1), 20.
Nasution, S. (1996). Metode Research Jakarta: Bumi Aksara.
National Council of Teachers of Mathematics (2020). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran Dilengkapi Dengan 65 Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Perama Ilmu.
Nurkhasanah, A., & Fathurahman, M. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Wanita Pada Materi Haid Bagi Siswa Kelas 4 MI Bahrul Ulum Buluh Krandegan Kebonsari Madiun. Jurnal Ilmiah Al Thifl, 2(2), 146-147.
Rahmat, F.L.A., Suwatno, & Rasto. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament. Social Science Education Journal, 5(1), 17.
Ruseffendi (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sanoor, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and give terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP Indragiri Hilir (Doctoral dissertation). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.
Sardiman (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, N. (1989). Penelitian dan Penilaian Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: Alfabeta.
Sujaweni, W. (2015). Metode Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Wibowo, S., Sutandi, S., Andy, A., & Hidayat, A. (2022). Komparasi Profitabilitas (Roa) Antara Perusahaan Subsektor Industri, Infrastruktur Dan Energi Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19 (Studi Empiris: Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei).
Widyaningrum, M. (2012). Peningkatan partisipasi dan hasil belajar IPA dengan Metode pembelajaran Take and give pada siswa kelas IV SDN Manjung 2 Tahun 2012/2013 (Doctoral dissertation). Universitas Muhammadiyah, Surakarta.