PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Sepiana Gunawan Universitas Mandiri
  • Handri Wijaya Universitas Mandiri
  • Ika Sriyanti Universitas Mandiri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest  Control Group Desain populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMAN Binong dengan pengambilan sampel secara purposive sampling kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa instrumen tes dan non tes. Instrumen tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, sedangkan instrumen non tes digunakan untuk mengukur respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Berdasarkan hasil penelirian menunjukan bahwa: (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; (2) siswa menunjukan respon positif terhadap model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

Referensi

Aeni, S. N., Lestiana, H. T., & Toheri. (2023). Penerapan Science, Technology, Engineering, Mathematics-Project Based Learning (STEM-PJBL). Jurnal Um-Palembang.ac.id, 28.

Ahdiat, A. (2024). PISA 2022: Kemampuan Matematika Pelajar Indonesia Turun. Retrieved maret 22, 2024, from katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/25/pisa-2022-kemampuan-matematika-pelajar-indonesia-turun

Field, A. (2005). Discovering Statistic Using SPSS. Newdelhi: Sage Publication.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM. ejournal.upi.edu.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafnidawaty. (2020). Model Pembelajaran Konvensional. raharja.ac.id.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-18

Terbitan

Bagian

Articles