PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Santi Kartini Universitas Mandiri
  • Ahmad Firdaus Universitas Mandiri
  • Muhammad Iqbal Harisuddin Universitas Mandiri

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbadaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model MMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Subang dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu Kelas XI-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa Pretest-Posttest untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan instrumen non tes berupa angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa; (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) siswa menunjukkan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).

Referensi

Farida, I. (2022). Model Missouri Mathematics Project. Bekasi: Penerbit Mikro Media Teknologi.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bnadung: PT Reflika Aditama.

Machfud, H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Missouri Mathematics Prroject (MMP). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 2(1), 33-39, https://www.bing.com/search?pglt=41&q=EFEKTIVITAS+PEMBELAJARAN+MATEMATIKA+MELALUI+PENERAPAN+MODEL+MISSOURI+MATHEMATICS+PROJECT+(MMP)+Hastomo+Machfud&cvid=233d598a3b724d3ba025ce23ef2bdd2e&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUyBggAEEUYOdIBBzk1MmowajGoAgCwAgA&FORM=ANNT.

Mansyur, M., & Khaerani. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 10-20, https://media.neliti.com/media/publications/388677-none-7798cba1.pdf.

Muhaimin, A., & MZ, Z. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan MAsalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Verbal. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1148-1158, DOI:https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3185.

Sogiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, D., Sihombing, S. K., Radjwane, M. M., Candra, Y., & Sinambela, D. (2021). Buku Panduan Guru Matematika untuk SMA/SMK Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Komplek Kemendikbudristek Jalan RS, Cipete, Jakarta Selatan, https://buku.kemendikbud.go.id.

Tahir, F., Kodirun, & Prajono, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(3), 43-56. Tersedia [Online]:https://ojs.uho.ac.id/index.php/jJJPM/

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-01

Terbitan

Bagian

Articles