PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Kata Kunci:
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Model Pembelajaran Learning Starts with a QuestionsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Learning Starts with a Questions dibandingkan dengan model pembelajaran biasa. Serta mengukur sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Learning Starts with a Questions. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Subang tahun pelajaran 2023/2024, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis inferensial. Analisis yang digunakan adalah uji kesamaan dua rerata dari hasil tes awal dan tes akhir, dengan menggunakan taraf signifikansi = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran Learning Starts with a Questions lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran biasa. Serta pada umumnya siswa merespon positif terhadap model pembelajaran Learning Starts with a Questions. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Learning Starts with a Questions dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Referensi
Affandi dan Nurjanah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question (Lsq) Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas Iv Min 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. E-Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 5(1), UIN Raden Intan, Lampung. doi: https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/download/2754/2125
Arikunto, dkk. (2015). Buku Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta. doi: Aplikasi IPUSNAS.
Casma. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Metode Demonstrasi Di SD Negeri 173425 Simanullang Toba. E-Jurnal Universitas Iskandar Muda: Aceh. doi: https://journal.admi.or.id/index.php/JUKIM/article/download/323/357/1079
Fahrudin, dkk. (2021). Pembelajaran Konvensional Dan Kritis Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah : Journal Of Islamic Studies 18 (1), 64-80. doi: https://e-jurnal.staisumatera-medan. ac.id/ind ex. php/hikmah/article/view/101/77
Hasanah, N. & Ain, S.Q. (2022). Strategi Pembelajaran PAIKEM di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Research & Learning In Elementary Education, 6(6), 10214-10227. doi:https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/4869/2200
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (2023). Doi http://kbbi.lektur.id/pemahaman
Kelvin dan Hariyanto. (2021). Analisis Pengaruh Komponen Kognitif, Konatif dan Afektif Terhadap Niat Berkunjung Kembali Pada Restoran Cepat Saji di Kota Batam. Journal of Business Management Education, 6(3), 41-48. doi: https://vm36.upi.edu/index.php/JBME/article/download/40869/pdf
Qodriyah, dkk. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Proceedings PSPM doi: https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/84
Ratih, dkk. (2024). “Penerapan Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”. Journal Of Mathematics Education. Subang: Universitas Mandiri. doi: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=bATbZYAAAAAJ&citation_for_view=bATbZYAAAAAJ:RHpTSmoSYBkC
Sugiyono. (2015). Buku Metode penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Cetakan 21& cetakan 22. Alfabeta:Bandung. doi: bajakanbuku.blogspot.com
Yuliani, E.N., Zulfah, Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-100. doi: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/download/51/45/
Yulianti dan Tonra (2021). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Pythagoras. Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 192-206. doi: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/download/3283/2382