IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PEER TUTORING COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Alfia Salsabila Rahayu
  • Ika Sriyanti Universitas Mandiri
  • Euis Anih Universitas Mandiri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran peer tutoring cooperative learning lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen dengan kelas pertama sebagai kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan model peer tutoring cooperative learning dan kelas kedua sebagai kelas kontrol di berikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMPN 1 Binong dengam sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Materi yang diberikan mengenai materi statistika. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu instrument tes berupa soal pretest dan posttest dan instrument non tes berupa angket sikap dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil menunjukan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran peer tutoring cooperative learning lebih baik dibanding pembelajaran konvensional (0.11 > 0.07) selain itu hasil perolehan angket sikap siswa terhadap pembelajatan dengan rata-rata keseluruhan adalah 3.61. menunjukan sikap siswa bersifat positif terhadap model pembelajaran peer tutoring cooperative learning.

Referensi

Helmiati (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Fahrurrozi & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.

Maulyda, M.A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Purwokerto: CV IRDH .

Rafidah, R.S.P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TTW dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMPN 97 Jakarta. Journal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-18

Terbitan

Bagian

Articles