MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Penulis

  • Ratna Sari Universitas Mandiri
  • Muhammad Iqbal Harisuddin Universitas Mandiri
  • Anwar Sadat Universitas Mandiri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa
yang memperoleh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL).
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Subang
dengan sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas
kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data siswa memberikan motivasi belajar yang
sangat tinggi, tinggi dan sedang sebanyak 71 % terhadap pembelajarn matematika
menggunakan model pembelajaran CTL.Dengan demikian model pembelajaran
Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat dijadikan salah satu alternatif dalam
pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalran matematis siswa.

Referensi

Azwar, S. 2018. Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Makmun, A.S. 2010. Psikologi Pendidikan. Cetakan Ke-4. Bandung: Remaja Rosdakarya

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), Inc. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: NCTM.

Peraturan Dirjen Dikdasmen No. 506/C/PP/2004 tanggal 11 November 2004 tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Riana, R., Kartinawati, Tri., &Suhito. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 11 Semarang Melalui Model Group Investigation Berbantuan Colour Ball. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 64-71). Semarang.

Sadewo, B. & Amidi. (2023).Kajian Teori : Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Project Based Learning (Math Trail Project) Bebantu MathCityMap. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 6, pp. 162-170). Semarang.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saputri, I., A., D. & Ayriza, Y. (2021). Hubungan Perilaku Prososial dengan Persepsi Penerimaan Teman Sebaya pada Remaja Awal. Acta Psychologia, 3(1), 21-28. https://doi.org/10.21831/ap.v3i1.40013

Siagian, S. 2013. Teori Motivasi & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumarmo, U. (2003). Pengembangan model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan intelektual tingkat tinggi siswa sekolah dasar. (Laporan Penelitian FPMIPA IKIP). Bandung: Tidak diterbitkan.

Taufik, M.A., Mulyoto, Sunardi, Suryani, N. (2019). The effectiveness of mathematic learning materials based on contextual teaching and learning. Journal of Physics: Conference Series, 1339. IOP Publishing doi:10.1088/1742-6596/1339/1/012133

Trevisan, A. L., Araman, E. M. de O & Serrazina, M. de L. (2023). The development of students’ mathematical reasoning in Calculus courses. AIEM - Avances De Investigación En Educación Matemática, 24, 39-56. https://doi.org/10.35763/aiem24.4326

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-01

Terbitan

Bagian

Articles