Pengaruh Citra Merek Produk Unilever Food Solutions Terhadap Minat Beli Konsumen
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap minat beli produk Unilever Food Solutions pada konsumen Yogya Department Store di kota Bandung. Populasi yang digunakan adalah konsumen department store Yogya Bandung dari 3 toko yang sering dikunjungi konsumen yaitu Yogya Sunda, Griya Pasteur dan Griya Antapani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu metode kuantitatif dan menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 99 responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk Unilever Food Solutions.
Unduhan
Referensi
Ahmad, Maimun, Tinneke M. Tumbel, and Johny A F Kalangi. 2020. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado.” Jurnal Administrasi Bisnis 10(1):25–31.
Camelia, Mila, and Budi Hartono. 2021. “Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bs Coffee & Donuts).” Competence : Journal of Management Studies 15(2):186–203. doi:
21107/kompetensi.v15i2.12516.
Chaerunnisa, Tri Utami Ayu, Yudi Aliyudin, Andi Yulianto, and Slamet Bambang Riono. 2023. “Analisis Pengaruh Harga Produk, Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Sabun Lifebuoy Di Minimarket Sari Mulya Kaligangsa.” JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research 1(4):29–42.
Fauziah, Ninda, and Dadan Abdul Aziz Mubarok. 2019. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli : Studi Pada Produk Kecantikan.” Image : Jurnal Riset Manajemen 8(1):37–44. doi: 10.17509/image.v8i1.22686.
Reynaldi, Hartawan, and Eko Budi Santoso. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Kukki Deli.” Performa 4(1):197–
doi: 10.37715/jp.v4i1.1518.
Saputra, Anggi Latif, and Tia Aprilia. 2023. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen.” Journal of Innovation in Management, Accounting and Business 2(1):1–7. doi: 10.56916/jimab.v2i1.344.
Sari, Nila Kurnia, and Mulharnetti Syas. 2023. “Praktik Hegemoni Media Atas Isu Boikot Produk Prancis Pada Grup Trans Media.” Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 20(1):55–71. doi: 10.36451/jisip.v20i1.8.
Septiazi, Muhammad Risqi Fauzan, and Nina Yuliana. 2023. “Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Gerakan Boikot Produk Israel Di Indonesia.” Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial 2(4):2023–54.
Sugiyono, Prof. Dr, and Puji. Dr Lestari. 2021. Metode Penelitian Komunikasi. Alfabeta, CV.
Unilever, PT. 2022. “Solid Runway for Competitive Growth 2022.” Tbk, PT Unilever Indonesia 1–412.
Hardiantoro, Alinda dan Pratiwi, Inten Esti. 2023. MUI Buka Suara soal Beredarnya Daftar 121 Produk Pendukung Israel yang Viral Setelah Terbitnya Fatwa MUI. Tersedia: https://www.kompas.com/tren/read/2023/11/ 16/131500965/mui-buka-suara-soal- beredarnya-daftar-121-produk-pendukung- israel-yang?page=all. Diakses tanggal 20 Januari 2024.
Riadi, Muchlisin. 2022. Citra Merek (Brand Image) - Pengertian, Aspek, Komponen dan Pengukuran. Tersedia: https://www.kajianpustaka.com/2021/04/citra -merek-brand-image.html . Diakses tanggal 23 Januari 2024.
Studio Statistika. 2023. Kolerasi Pearson. Tersedia: https://ss.mipa.ub.ac.id/korelasi- pearson/ . Diakses tanggal 25 Januari 2024.
Mifta, Rizka. 2020. 17 Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli, jelas dan lengkap. Tersedia:https://www.brilio.net/serius/17-pengertian- manajemen-pemasaran-menurut-para-ahli- jelas-dan-lengkap-200420t.html. Diakses tanggal 18 Januari 2024.