Pengaruh Volume Penjualan Terhadap Laba: Studi Kasus pada PT Prana Nayaka Tirta Cabang Dago Bandung Periode Januari 2018 – Desember 2019

Penulis

  • Christiadi Senjaya Universitas Mandiri
  • Siti Titta Partini Universitas Mandiri
  • Waluya Waluya Universitas Mandiri
  • Mulyani Mulyani Universitas Mandiri
  • Susilo Susilo STIE Managemen Bisnis Indonesia

Kata Kunci:

Volume Penjualan, Laba

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh volume penjualan terhadap laba pada perusahaan PT Prana Nayaka Tirta Cabang Dago Bandung periode Januari 2018 – Desember 2019. Laba merupakan bagian penting bagi setiap perusahaan karena jumlah besarnya laba yang diperoleh dapat mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan. Penjualan juga merupakan hal yang penting bagi perusahaan yang berpengaruh terhadap laba, apabila penjualan meningkat maka laba meningkat. Tetapi berbeda dengan apa yang terjadi di PT Prana Nayaka Tirta Cabang Dago Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang dilakukan dengan cara mengoleh data dengan bantuan aplikasi SPSS. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan perusahaan sebanyak 24 bulan/ periode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume penjualan secara signifikan berpengaruh terhadap laba pada PT Prana Nayaka Tirta Cabang Dago Bandung periode Januari 2018 – Desember 2019

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alamiyah. 2013. Kamus Istilah Akuntansi. Bandung: Yrama Widya.

Farhana, Cintia Dewi. 2016. Pengaruh Perputaran Persediaan dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas. Jurnal Manajemen Hal.2.

Harrison Jr., Walter T., et al. 2012. Akuntansi Keuangan IFRS Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Horngren, Charles, T. 2012. Akuntansi Biaya. Jilid 1, Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2015. Standar Keuangan Akuntansi. Jakarta: IAI.

Rahardjo, Budi. 2012. Keuangan dan Akuntansi untuk Manajer Non Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rangkuti, Freddy. 2010. Measuring Costumer Satisfaction : Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2013. Strategi Promosi Yang Efektif & Analisis Kasus Intergrated Marketing Communication. Jakarta: Pustaka Utama.

Rustami, Putu. I Ketut Kirya & Wayan Cipta. 2014. Pengaruh Biaya produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2 . No. 1 :Hlm.9

Sasongko, Sonnya Nurman. 2014. Pengaruh Modal Kerja dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus pada Perusahaan Industri Logam yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2012). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom.

Soemarso, SR. 2012. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rineka Citra.Soemarso,SR. 2013. Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Subramanyam. K. R dan John J. Wild. 2014. Analisi Laporan Keuangan. Penerjemah Dewi Y. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumayah. 2011. Pengaruh Volume Penjualan dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih (Studi Kasus pada PT Metrodata Electronics Tbk). Jurnal Penelitian Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Swastha, Basu. 2012. Manajemen Penjualan. Edisi 3 cetakan 5. Yogyakarta: BPFE

Diterbitkan

2024-03-19

Cara Mengutip

Senjaya, C., Partini, S. T., Waluya, W., Mulyani, M., & Susilo, S. (2024). Pengaruh Volume Penjualan Terhadap Laba: Studi Kasus pada PT Prana Nayaka Tirta Cabang Dago Bandung Periode Januari 2018 – Desember 2019. MANDIRI ECONOMICS JOURNAL, 1(1), 44–59. Diambil dari https://ejournal.universitasmandiri.ac.id/index.php/maconomics/article/view/72

Terbitan

Bagian

Artikel