Penerapan Model Flipped classroom dalam Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Metode Pembelajaran, Studi Kurikulum, dan Telaah Kurikulum di Universitas Pelita Harapan
DOI:
https://doi.org/10.11594/timeinphys.2023.v1i1p11-22Kata Kunci:
Pembelajaran Online, Manajemen Pembelajaran, Peran Dosen, Model Kelas TerbalikAbstrak
Pembelajaran daring di masa pandemi menjadi tantangan bagi Dosen dalam mengelola pembelajaran yang menarik dan dapat membekali mahasiswa menjadi insan yang terampil, serta mampu menghadapi tantangan di masa depan. Praktik yang ditemui di kelas menunjukkan pembelajaran daring yang kurang aktif, kurang interaktif, dan kurang menyenangkan, serta siswa yang kurang antusias, inisiatif, dan tanggap. Solusi yang diberikan peneliti adalah penerapan model flipped classroom dalam mengelola pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya peran Dosen dalam mengelola pembelajaran daring dan menjelaskan upaya Dosen dalam mengefektifkan pembelajaran daring dengan menggunakan model flipped classroom. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan hasil observasi, hasil penilaian dan angket yang diisi oleh mahasiswa didukung dengan studi literatur. Penerapan model flipped classroom dilakukan pada mata kuliah Kajian Kurikulum, Metode Pembelajaran, dan Review Kurikulum pada bulan Januari–April 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model flipped classroom mampu membantu Dosen mengelola pembelajaran online. Dalam penerapan yang lebih efektif, Dosen disarankan untuk lebih mengenal mahasiswa secara holistik dan terus mengembangkan diri, sehingga dapat mendukung manajemen pembelajaran yang baik.
Referensi
Korpershoek H, Harms T, De Boer H, Van Kuijk M, Doolaard Gion S. Effective Classroom Management Strategies and Classroom Management Programs for Educational Practice.; 2014.
Slameto. Teori, Model, Prosedur, Manajemen Kelas, Dan Efektivitasnya. Pertama. CV. Penerbit Qiara Media; 2020.
Yue X. Exploring effective methods of teacher professional development in university for 21st century education. Int J Innov Educ Res. 2019;7(5):248-257. doi:10.31686/ijier.vol7.iss5.1506
Wulandari M. Konsep dasar metode flipped classroom. Pus Pengemb dan Inov Pembelajaran Univ Sanata Dharma. Published online 2020. https://www.usd.ac.id/pusat/ppip/2020/05/04/konsep-dasar-metode-flipped-classroom/
Isnainita N, Septiana I, Purbiyanti ED. Peningkatan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar melalui model flipped classroom pada pembelajaran daring. J Handayani. 2021;12(1):53-60.
Pradnyantika LD, Sudiana IK, Wiratini NM. Pengelolaan pembelajaran kimia di SMA negeri 2 negara. J Pendidik Kim Indones. 2018;2(1):42. doi:10.23887/jpk.v2i1.14172
Efriza ayu melza, Ermita, Anisah. Komitmen guru dalam pengelolaan pembelajaran sekolah. Adm Pendidik Dan Manaj Pendidik. Published online 2018:212-218.
Warsono, Hariyanto. Pembelajaran Aktif: Teori Dan Asesmen. PT Remaja Rosdakarya; 2012.
Kurni DK, Susanto R. Pengaruh keterampilan manajemen kelas terhadap kualitas proses pembelajaran di sekolah dasar pada kelas tinggi. J Ilm Pendidik Guru Sekol Dasar. 2018;2(1):39-45. http://www.universitas-trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/232
Winata IK. Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. J Komun Pendidik. 2021;5(1):13. doi:10.32585/jkp.v5i1.1062
Purnama LNL, Asrin, Jiwandono IS. Kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran kelas di SD negeri tampar-ampar kecamatan praya tengah kabupaten lombok tengah. JIKAP PGSD J Ilm Ilmu Kependidikan. 2021;5(2):195. doi:10.26858/jkp.v5i2.19756
Firmansyah F. Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2021;3(2):589-597. doi:10.31004/edukatif.v3i2.355
Juniantari M, Pujawan IGN, Widhiasih IDAG. Pengaruh Pendekatan Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma. J Educ Technol. 2019;2(4):197. doi:10.23887/jet.v2i4.17855
Agustini M. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Flipped Classroom Melalui Aplikasi Google Classroom. Indones J Educ Dev. 2021;2(2):39-46. doi:10.5281/zenodo.5244420
Lawrence C, Bergmann J, Sams A, Koch K. Transforming: Christian Education Journal No.26. ke-26. ACSI Indonesia; 2020.
Patandean YR, Indrajit RE. Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, Dan Mampu Berkolaborasi Dalam Pembelajaran Yang Responsif. Penerbit Andi; 2021.
Rusnawati MD. Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil Dan Motivasi. J Ilm Pendiidikan dan Pembelajaran. 2020;4(April):139-150.
Asmuni. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. J Paedagogy J Penelit dan Pengemb Pendidik. 2020;7(4):281-288. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Prawanti LT, Sumarni W. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Pros Semin Nas Pascasarj UNNES. Published online 2020:286-291.
Jamilah J. Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Prem Educ J Pendidik Dasar dan Pembelajaran. 2020;10(2):238. doi:10.25273/pe.v10i2.7494
Santrock JW. Educational Psychology. Kelima. McGraw-Hill; 2011.
Tang T, Abuhmaid AM, Olaimat M, Oudat DM, Aldhaeebi M, Bamanger E. Efficiency of flipped classroom with online-based teaching under COVID-19. Interact Learn Environ. 2020;0(0):1-12. doi:10.1080/10494820.2020.1817761
Nuraini I, Suparto AA, Razaqi RS. Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X TKJ Semester Genap di SMK Nurul Huda Kapongan Tahun Pelajaran 2020-2021. 2021;5(2):4742-4746.
Yen TF (TF). The Performance of Online Teaching for Flipped Classroom Based on COVID-19 Aspect. Asian J Educ Soc Stud. 2020;8(3):57-64. doi:10.9734/ajess/2020/v8i330229
Erdemir N, Yangın Ekşi G. The Perceptions of Student Teachers About Using an Online Learning Environment ‘Edmodo’ in a ‘Flipped Classroom.’ SDU Int J Educ Stud. 2019;6(2):174-186. doi:10.33710/sduijes.638795
Ayçiçek B, Yelken TY. The effect of flipped classroom model on students’ classroom engagement in teaching english. Int J Instr. 2018;11(2):385-398. doi:10.12973/iji.2018.11226a
Mathew P, Mathew P, Peechattu PJ. Reflective Practices: A Means To Teacher Development. Asia Pacific J Contemp Educ Commun Technol. 2017;3(1):126-131. www.apiar.org.au
Van Brummelen H. Berjalan Dengan Tuhan Di Dalam Kelas: Pendekatan Kristiani Untuk Pembelajaran. Kedua. UPH Press; 2009.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Kurniawati Martha, Eben Hezer Zega
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with TIME in Physics (Journal for Theoretical, Instrumentation, Material-Molecular, and Education Physics) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.