Implementasi Model Pembelajaran STEM Tipe Index Card Match Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Alat-Alat Optik
DOI:
https://doi.org/10.11594/timeinphys.2023.v1i1p23-30Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Index Card Match, Pembelajaran STEMAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplentasikan model pembelajaran STEM STEM tipe Index Card Match terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi alat-alat optik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Desain dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 5 di SMAN 6 Kabupaten Tangerang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan yaitu Cluster Random Sampling. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil dari Pretest, Posttest, dan aktivitas belajar peserta didik yang disusun berdasarkan indikator berpikir kritis, yaitu: (1) merumuskan masalah; (2) memberikan argument; (3) melakukan deduksi; (4) melakukan induksi; (5) melakukan evaluasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis didapatkan dan . Karena , maka terdapat pengaruh pada model pembelajaran STEM Tipe Index Card Match. Dan juga aktivitas peserta didik mengalami peningkatan selama tiga kali pertemuan. Dapat dikatakan demikian karena setelah melalui proses perhitungan pada pertemuan ke-1 diperoleh persentase pada setiap aspek adalah 45%, 34%, 39%, dan 39%. Pada pertemuan ke-2 diperoleh presentase sebesar 60%, 57%, 51%, dan 56%, pada pertemuan ke-3 diperoleh presentase sebesar 71%, 72%, 75%, dan 78%. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa aktivitas peserta didik meningkat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan mengimplementasikan pembelajaran STEM tipe Index Card Match pada materi Alat-Alat Optik.
Referensi
Khoiriyah N, Abdurrahman A, Wahyudi I. Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. J Ris dan Kaji Pendidik Fis. 2018;5(2):53. doi:10.12928/jrkpf.v5i2.9977
Wahyunita I, Subroto WT. Efektivitas model pembelajaran blended learning dengan pendekatan stem dalam upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2021;3(3):1010-1021
Hasanah NZ, Nurafni. Implementasi strategi pembelajaran dengan pendekatan index card match dalam meningkatkan motivasi. J Pendidik dan Kaji Keislam. 2021;03:19-30
Puspitasari AD. Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. J Pendidik Fis. 2019;7(1):17-25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Ufairiah QR, Laksanawati WD. Identifikasi masalah kemampuan berpikir kritis siswa guna mengetahui pengaruh model dan pendekatan pembelajaran. Prosding Semin Nas Pendidik Fis. 2020;2(1):75-81. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/1378
Hasanah NZ, Nurafni. Implementasi strategi pembelajaran dengan pendekatan index card match dalam meningkatkan motivasi. J Pendidik dan Kaji Keislam. 2021;03:19-30.
Ns. Siti Rapingah, S. Kep., MKM., Mochamad Sugiarto, S. Pt., M.M., Ph.D., Muh. Sabir. M, S.E., M. Si., Totok Haryanto, S. E., M.M., Neneng Nurmalasari, M.Pd., Muhammad Ichsan Gaffar, S.E., M.Ak., Alfalisyado, S.E.Sy. ME. Buku ajar metode penelitian. Feniks Muda Sejahtera; 2022.
https://www.google.co.id/books/edition/BUKU_AJAR_METODE_PENELITIAN/oGJlEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fakhira Nursabrina, Wahyu Dian Laksanawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with TIME in Physics (Journal for Theoretical, Instrumentation, Material-Molecular, and Education Physics) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.