Implementasi Model Pembelajaran STEM Tipe Index Card Match Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Alat-Alat Optik

Penulis

  • Fakhira Nursabrina Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. D. HAMKA
  • Wahyu Dian Laksanawati Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. D. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.11594/timeinphys.2023.v1i1p23-30

Kata Kunci:

Berpikir Kritis, Index Card Match, Pembelajaran STEM

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplentasikan model pembelajaran STEM STEM tipe Index Card Match terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi alat-alat optik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Desain dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 5 di SMAN 6 Kabupaten Tangerang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan yaitu Cluster Random Sampling. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil dari Pretest, Posttest, dan aktivitas belajar peserta didik yang disusun berdasarkan indikator berpikir kritis, yaitu: (1) merumuskan masalah; (2) memberikan argument; (3) melakukan deduksi; (4) melakukan induksi; (5) melakukan evaluasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis didapatkan  dan . Karena , maka terdapat pengaruh pada model pembelajaran STEM Tipe Index Card Match. Dan juga aktivitas peserta didik mengalami peningkatan selama tiga kali pertemuan. Dapat dikatakan demikian karena setelah melalui proses perhitungan pada pertemuan ke-1 diperoleh persentase pada setiap aspek adalah 45%, 34%, 39%, dan 39%. Pada pertemuan ke-2 diperoleh presentase sebesar 60%, 57%, 51%, dan 56%, pada pertemuan ke-3 diperoleh presentase sebesar 71%, 72%, 75%, dan 78%. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa aktivitas peserta didik meningkat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan mengimplementasikan pembelajaran STEM tipe Index Card Match pada materi Alat-Alat Optik.

Referensi

Khoiriyah N, Abdurrahman A, Wahyudi I. Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. J Ris dan Kaji Pendidik Fis. 2018;5(2):53. doi:10.12928/jrkpf.v5i2.9977

Wahyunita I, Subroto WT. Efektivitas model pembelajaran blended learning dengan pendekatan stem dalam upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2021;3(3):1010-1021

Hasanah NZ, Nurafni. Implementasi strategi pembelajaran dengan pendekatan index card match dalam meningkatkan motivasi. J Pendidik dan Kaji Keislam. 2021;03:19-30

Puspitasari AD. Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. J Pendidik Fis. 2019;7(1):17-25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Ufairiah QR, Laksanawati WD. Identifikasi masalah kemampuan berpikir kritis siswa guna mengetahui pengaruh model dan pendekatan pembelajaran. Prosding Semin Nas Pendidik Fis. 2020;2(1):75-81. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/1378

Hasanah NZ, Nurafni. Implementasi strategi pembelajaran dengan pendekatan index card match dalam meningkatkan motivasi. J Pendidik dan Kaji Keislam. 2021;03:19-30.

Ns. Siti Rapingah, S. Kep., MKM., Mochamad Sugiarto, S. Pt., M.M., Ph.D., Muh. Sabir. M, S.E., M. Si., Totok Haryanto, S. E., M.M., Neneng Nurmalasari, M.Pd., Muhammad Ichsan Gaffar, S.E., M.Ak., Alfalisyado, S.E.Sy. ME. Buku ajar metode penelitian. Feniks Muda Sejahtera; 2022.

https://www.google.co.id/books/edition/BUKU_AJAR_METODE_PENELITIAN/oGJlEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Diterbitkan

2023-02-26

Cara Mengutip

Nursabrina, F., & Laksanawati, W. D. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEM Tipe Index Card Match Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Alat-Alat Optik. TIME in Physics, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.11594/timeinphys.2023.v1i1p23-30

Terbitan

Bagian

Articles